Okinawa akan menjadi panggung dunia.

PIALA DUNIA FIBA BASKETBALL 2023

SCROLL

PRAKATA

Tahun 2023 Piala Dunia Bola Basket FIBA untuk pertama kalinya akan diselenggarakan di Filipina / Jepang (Okinawa) / Indonesia.

FIBA telah memberikan hak penyelenggaraan "FIBA Basketball World Cup 2023" kepada tiga negara yaitu: Filipina / Jepang (Okinawa) / Indonesia.
Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah, kompetisi akan diadakan di banyak negara.
Ketua Kehormatan Asosiasi Bola Basket Filipina (PBA) Manuel V. Panguilinan selaku perwakilan dari Filipina / Jepang (Okinawa) / Indonesia mengatakan, `` FIBA berhak mengadakan pertandingan Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 dan memilih Filipina / Jepang (Okinawa) / Indonesia untuk menjadi tuan rumah. Kami sangat senang akan keputusan pelaksanaan ini.
Piala Dunia adalah acara yang sangat dibanggakan oleh penggemar bola basket di tiga negara tersebut. Diharapkan dengan adanya acara ini maka seluruh masyarakat di tiga negara akan menyebarkan semangat dedikasi pada bola basket keseluruh wilayah. "

OKINAWA ARENA

OKINAWA ARENA

Pertandingan di Jepang akan diselenggarakan di Okinawa Arena. Okinawa akan menjadi panggung dunia!

Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 akan diadakan mulai dari 25 Agustus hingga 10 September 2023 dan akan disponsori oleh tiga negara, yaitu: Indonesia, Jepang, dan Filipina.
Fase grup akan berlangsung di Indonesia, Jepang dan Filipina. Fase terakhir akan berlangsung di Manila, ibu kota Filipina.
Pada fase kualifikasi, 80 tim perwakilan akan bersaing disetiap enam blok selama 15 bulan, mulai dari bulan November 2021 hingga bulan Februari 2023 untuk memperebutkan Piala Dunia.

TROFI
NAISMITH

Trofi Naismith

Trofi akan diberikan kepada pemenang Piala Dunia Bola Basket FIBA, kompetisi internasional untuk bola basket putra.
Nama trofi ini berasal dari penemu bola basket James Naismith. Trofi Naismith pertama kali diperkenalkan pada turnamen di tahun 1967.
Trofi Naismith diperbaharui pada turnamen di tahun 1998. Trofi kedua ini dibuat oleh seorang pandai emas yang berasal dari Jerman, dan desainnya terinspirasi dari kisah perjalanan panjang Sekretaris Jenderal FIBA, Renato William Jones.
Trofi pertama telah disumbangkan ke Yayasan Hall of Fame FIBA Spanyol Pedro Ferrandes.
Trofi generasi ketiga telah digunakan sejak turnamen 2019, dan trofi ketiga ini akan ditunjukan pada pengundian kombinasi kualifikasi kompetisi 2019. Trofi ini setinggi 60 cm dan terbuat dari emas.

SEJARAH PIALA DUNIA

Memperkenalkan Rekor Keberhasilan Turnamen

FIBA Basketball World Cup adalah pertandingan resmi putra yang disponsori oleh FIBA. Pertandingan diadakan setiap empat tahun sekali di pertengahan tahun Olimpiade Musim Panas.
Hingga tahun 2010, pertandingan ini disebut Kejuaraan Dunia FIBA.

YEAR 2019 2014 2010 2006 2002 1998 1994 1990 1986 1982 1978 1974 1970 1967 1963 1959 1954 1950
HOST NATION China Spain Turkey Japan USA Greece Canada Argentina Spain Colombia Philippines Puerto Rico Yugoslavia Uruguay Brazil Chile Brazil Argentina
CHAMPIONS Spain USA USA Spain Yugoslavia Yugoslavia USA Yugoslavia USA Soviet Union Yugoslavia Soviet Union Yugoslavia Soviet Union Brazil Brazil USA Argentina
RUNNERS-UP Argentina Serbia Turkey Greece Argentina Russia Russia Soviet Union Soviet Union USA Soviet Union Yugoslavia Brazil Yugoslavia Yugoslavia USA Brazil USA
THIRD PLACE France France Lithuania USA Germany USA Croatia USA Yugoslavia Yugoslavia Brazil USA Soviet Union Brazil Soviet Union Chile Philippines Chile
MVP Ricky Rubio
(ESP)
Kyrie Irving
(USA)
Kevin Durant
(USA)
Pau Gasol
(ESP)
Dirk Nowitzki
(GER)
Dejan Bodiroga
(YUG)
Shaquille O'Neal
(USA)
Toni Kukoc
(YUG)
Drazen Petrovic
(YUG)
Rolando Frazer
(PAN)
Drazen Dalipagic
(YUG)
Dragan Kicanovic
(YUG)
Sergei Belov
(URS)
Ivo Daneu
(YUG)
Marques Wlamir
(BRA)
Pasos Amaury
(BRA)
James Kirby Minter
(USA)
Oscar Furlong
(ARG)

GALERI FOTO

Melihat kembali Piala Dunia Bola Basket FIBA melalui foto

FIBA Basketball World Cup adalah turnamen bola basket terkemuka di dunia.
Adegan-adegan terkenal dimasa lalu yang bisa membuat Anda ingin melihat berulang kali.